Wednesday, March 22, 2017

RESTORASI RADIO TABUNG PHILIPS BIN 318 U

     Saat jalan jalan di daerah kota blitar tepatnya di sebuah galery barang barang jadul tak sengaja menemukan radio ini dalam keadaan lusuh, dan tidak pernah di mandikan sama di empunya, karena merasa kasihan dengan si hitam namun manis ini akhirnya saya merasa jatuh hati dan saya  pinang dengan mahar yang lumayan mahal, hmmm... beginilah tampilanya saat datang di rumah barunya..






     Komponen Dalamnya masih lumayan utuh, dan lengkap walau tombol dan tuning masih terasa berat untuk di gerakkan sehingga perlu pembersihan, dalam hal ini saya mempergunakan WD untuk membuat normal potensiometer dan switch on/off nya, untuk melakukanya saya harus buka semua cover belakan dan melepasi baut"nya sampai knop tuning dan potensiopun harus dilepas..
     Setelah proses pelepasan baut sampai modul bisa di keluarkan sampailah proses pembersihan, bisa dengan berbagaimacam cara, di antaranya ya di mandikan dengan Air sampai bersih selanjutnya di jemur di terik matahari...seperti ini...






     Hari ini tepat tanggal 28-3-2017 yaitu hari Libur nasional, sehingga mempunyai waktu lumayan luang untuk nyoder menyoder radio ini mulai dari menyambung soderan yang kurang bagus sampai re-Wiring rangkaian sesuai skema di bawah ini 



     Philips BIN 318 U adalah radio Tabung yang bekerja pada tegangan 110 Volt AC sehingga memerlukan tambahan Rangkaian Step Down tranformer untuk mencobanya, dan perlu di ingat jenis radio ini tidak terisolasi dengan Tegangan Jala-jala sehingga harus hati" dengan Stromm kejut yang menempel pada Grounding atau Body Rangka Radio.






No comments: